Implementasi Link & Super Match SMK Negeri 1 Simpang Empat

Implementasi Link & Super Match SMK Negeri 1 Simpang Empat

Senin, 22-23 November 2021

Tanah Bumbu- SMK Negeri 1 Simpang Empat menyelenggarakan kegiatan workshop yang bertajuk Implementasi Link & Matck SMK Pusat Keunggulan SMK N 1 Simpang Empat pada hari Senin dan Selasa, 22-23 November 2021 di aula SMK N 1 Simpang Empat.

Drs.AMRAN ALI, MM selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Simpang Empat , menyampaikan bahwa  SMK Negeri 1 Simpang Empat memiliki 10 Program keahlian yang didukung oleh  DK dan Universitas Politeknik Negeri Banjarmasin sebagai mitra sekolah untuk membuat sekolah ini lebih maju lagi.

Kegiatan selanjutnya paparan dari narasumber.  Peran DK pada Pengembangan SMK disampaikaan oleh Drs. Agus Haris Purwito, M.M. DK memiliki beberapa peran  dalam pengembangan SMK PK di antaranya (1) tempat praktik industri/ praktik siswa, (2) tempat magang guru, (3) tempat belajar manajemen industri dan wawasan dunia kerja, dan (4) tempat implementasi kompetensi yang diperoleh dari lembaga pendidikan/ SMK.

Industri/ DK mempunyai tujuan, di antaranya (1) menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, (2)  meningkatkan dan memperkokoh keterkaitan dan kesepakatan ( link and match) antara lembaga pendidikan dan DK, (3) meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kerja yang  berkualitas professional dengan memanfaatkan sumber daya pelatihan  yang ada di dunia kerja, dan (4) memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian  dari proses pendidikan.

Hadir dalam acara tersebut Drs. Agus Haris Purwito, M.M (Pengawas Pembina SMK Tanah Bumbu , Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan.), Drs.Amran Ali, M.M ( Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Simpang Empat), Agus Wahyudi, S,TP,MM ( Tenaga Administrasi SMK Negeri 1 Simpang Empat),  Muhammad Syafwansyah, ST.,MT (Wakil Direktur IV Politeknik Negeri Banjarmasin), Perwakilan PT. Hasil Karya Indonesia , PT. United Tractors, PT. Auto 2000, PT. Borneo Indo Bara, PT. Jhonlin Baratama, PT. Dua Samudera Perkasa, PT. Jhonlin Agro Lestari, PT. Telkom Indonesia, , PT. Kodeco Agrojaya Mandiri, , PT. Perkbunan Nusantara XIII , BPP Karang Bintang dan Founder Starup Borneo Foundation, manajemen dan Guru Produktif SMK Negeri 1 Simpang Empat

Setelah paparan materi, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama DK di masing- masing program keahlian.

share this

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *