Keungulan Program 4 tahun di SMK

SMKN 1 Simpang Empat kabupaten Tanah Bumbu merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Program 4 Tahun untuk jurusan geologi pertambangan. Hal ini berdasarkan pada permen Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan.

Sejak diterapkan program revitalisasi sekolah Menengah Kejuruaan dengan menerapkan pendidikan 4 tahun. Pada tanggal 6-7 November 2018 SMK Negeri 1 Simpang Empat mendapatkan kesempatan pendampingan program 4 Tahun SMK oleh Dirjen pembinaan SMK kali ini diwakili oleh bapak Gilbert Harianja dari P4TK Medan.

Beliau selama 2 hari di SMKN Negeri 1 Simpang Empat untuk memberikan pendampingan langsung kepada guru-guru yang mengajar di program studi geologi pertambangan dan juga menyampaikan, bahwa program 4 tahun ini memiliki banyak keunggulan Salah satunya yaitu siswa memiliki skill dan sertifikat yang akan mampu bersaing di dunia kerja.

Selain itu program 4 tahun SMK ini mencetak tenaga terampil sehingga siswa tidak hanya mampu mempertanggungjawabkan hasil kerjanya namun siswa juga mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja orang lain atau dalam kata lain siswa siap menjadi seorang supervisor.

Bapak pendamping dari Dirjen SMK Pusat menepis bahwa anggapan sekolah 4 tahun itu membuang-buang waktu dan kalah dengan program 3 tahun namun justru dengan program 4 tahun mampu menghasilkan lulusan dengan level yang lebih tinggi yaitu level 3 sedangkan yang lulusan 3 tahun itu level 2, selain itu lulusan 4 tahun memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh lulusan 3 tahun, sebab mereka memiliki sertifikasi dan kualifikasi yang diperlukan oleh dunia usaha dan dunia industri.

Pada kesempatan pendampingan ini selain dihadiri oleh Bapak Gilbert Harianja dari P4TK Medan. kegiatan ini juga dihadiri oleh pengawas Provinsi yaitu bapak Drs. Agus Haris Purwito MM, dan dihadiri juga dari dunia usaha dan industri yaitu CSR dari PT Arutmin Indonesia Batulicin itu bapak Irfan Norhidayat dan Jevye Fazrin.

Pada kesempatan ini bapak kepala sekolah SMKN 1 Simpang Empat Drs. Amran Ali, MM mengucapkan banyak terima kasih kepada pembina program SMK 4 tahun, juga mengucapkan terima kasih kepada pengawas provinsi yang hadir serta mengucapkan terima kasih terhadap dunia usaha dan industri yang hadir dan berkomitmen bekerja sama dengan SMKN 1 Simpang Empat.

===================================================================================================================================
Ditulis oleh: Bambang Susiawan, ST (Kaprog geologi Pertambangan) pada tanggal 8 November 2018 di SMKN 1 Simpang Empat.
===================================================================================================================================

share this

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *